Burung Anis Kembang Siap Naik Pentas

Burung anis kembang
Burung ini sangat pemalu, tapi dia yang mempunyai suara kristal dan speed yang rapat. Sebagai penggemar KICAU MANIA/hobiburung,  pada umumnya ANIS KEMBANG yang dipelihara adalah  yang berjenis kelamin jantan. 

Lebih-lebih apabila dipelihara dengan tujuan untuk dilombakan. 

Dibanding yang betina, anis kembang jantan lebih memiliki kicauan / suara yang lebih bervariasi di samping itu, juga mempunyai volume yang lebih keras dan tajam.

Perhitungan para penggemar saat membeli punglor/anis kembang tentu berdasar suaranya. Keindahan suara anis/punglor kembang ditentu kan oleh volume suara dan irama lagunya. 

Anis/Punglor kembang yang bagus suaranya terdengar los dan jernih, tidak serak atau parau. Volumenya juga keras dan tebal. 

Sementara irama lagunya bervariasi dan tidak terdengar jeda antara irama yang satu dengan irama yang lain. 

Berirama secara bertahap dengan percepatan yang halus.( istilah speed rapat dan kristal )
Pada tahap pembelian keunggulan anis/punglor kembang dalam hal suara tentu saja belum bisa terlihat. 

Namun, dengan memperhatikan fisik tampilannya kita bisa berharap memperoleh punglor kembang bersuara merdu.

Fisik yang dianggap mencirikan punglor bagus antara lain berbadan panjang (bukan besar), berleher panjang, berparuh panjang, serta berbahu lebar.

Fisik yang demikian merupakan tanda bahwa burung ini memiliki volume suara yang los, keras, dan tebal.
Selain itu, bentuk kepala juga perlu diperhatikan guna memperoleh punglor kembang yang bermental kuat dan berani. Punglor kembang yang demikian akan lebih mudah dilatih dan dirawat.

Punglor kembang seperti ini ditandai dengan bentuk kepala bulat berbenjol di bagian belakangnya, Jangan lupa pilih pula punglor kembang yang berpenampilan tegap.

Kesehatan

Pertimbangan terakhir yang perlu diperhatikan adalah kesehatan punglor kembang. Untuk tujuan tersebut, amati suara dan gerakannya. 

Burung yang sehat akan bersuara cenderung keras dan los. Tidak lemah atau berkicau setengah hati. Apabila masih piyik atau trotolan, amati suara ngriwiknya. Pedoman lain untuk melihat kesehatan burung adalah gerakan nya. Apabila sehat, gerakannya terlihat lincah dan tidak mau diam. Lompat ke sana kemari.

Perawatan umum Anis/punglor Kembang

Sebetulnya perawatan Anis Kembang tidaklah jauh berbeda dengan perawatan Anis Merah atau Anis Bata diantaranya:

- Jam 6-7 pagi burung dibuka dari krodong dan diangin2kan biar kan dia menghirup udara pagi yang segar ( biasanya saat itu  burung paling suka ngoceh pagi2 ), dan berikan dia 1 jangkrik untuk sarapan pagi/sarapan pembuka.

- Jam 8-9 mandikan burung dalam karamba/pemandian dan bersihkan kandang burung.

- Pada saat burung mandi, ganti air minum, cek voor, dan beri dia jangkrik 2ekor, serta buah segar, baik itu apel merah, pepaya atau pisang saba ).

- Kemudian jemur secukupnya, jangan terlalu lama.

- Begitupun sore harinya sama seperti perawatan dipagi hari, mandi dan beri pakan secukupnya.

penting : CACING TANAH PERLU DIBERIKAN 2-3 EKOR SETIAP HARINYA KROTO SECUKUPNYA.





Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 22.41

5 komentar:

  1. low habis mabung itu kok cuma ngriwik saja...tp kencang.. caranya biar plong bunyinya gmn??? please

    BalasHapus
  2. gan, apa penyebab anis kembang suka senor matanya ?,,,thnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kicau Mania

      Buat Ali Akrom : sebenarnya untuk senor atau katarak tidak pada anis kembang saja, bisa terjadi pada burung lain seperti anis bata, murai, lovebird, pastinya banyak faktor dari mulai genetika faktor keturunan dan makanan serta kebersihan, juga bisa terlalu dekat menggantang waktu di jemur dengan tembok yang berwarna menyilaukan ( Putih ), atau pada waktu malam terlalu dekat dengan lampu, saya rasa cuma itu.

      tks, telah berkunjung di blog ini

      Hapus
  3. Kalo misal bulu sayap AK turun sampai di bawah ekornya, kira2 apa penyebabnya ya Boss? Dan bagaimana mengatasinya? Thank you.

    BalasHapus
  4. Saya kira bulu turun di bawah ekor itu karena burung dalam kondisi kurang fit,atau karena cuaca yang tidak mendukung ( dingin ),berikan ef tambahan berupa ulat hongkong secukupnya.

    BalasHapus

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

eXTReMe Tracker