Si Mungil Kolibri Yang Jago Terbang

Burung kolibri pandai terbang
Burung Kolibri adalah burung yang mungil dan juga pandai terbang dan warna burung ini bermacam-macam dan burung kolibri ini kalau dihitung cukup banyak jenisnya.

Menurut pakar penelitian burung Ada lebih dari 300 spesies burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan.

Sedangkan kolibri jenis Sword Billed, ensifera ensifera hidup di bagian barat hutan pegunungan Andes

Kolibri adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Seekor kolibri mempunyai sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memencarkan sinar warna - warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air . 

Karena kolibri terbang sangat cepat, maka ia membutuhkan tenaga yang cukup besar dan untuk mendapatkan energi yang besar, seekor kolibri membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi seperti nektar atau bagian dari inti sari bunga yang dihisap dengan paruhnya yang kecil dan panjang.

Varietas kolibri berparuh panjang mendapatkan makanannya dengan cara menghisap madu seperti biasa, namun untuk varietas lain, kolibri akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu lalu menyisipkan paruhnya dalam lubang tersebut.

Cara kolibri yang seperti itu juga dapat membantu bunga untuk penyerbukan silang, karena biasanya serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudain berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain.

Suara burung kolibri jarang terdengar, hal ini karena suara merupakan bunyi dengungan yang dibuat oleh sayapnya.

Selama musim perkawinan, kebanyakan jenis jantannya menyatakan perasaan dengan kicauan gembira seraya terbang mondar - mandir di depan sang betina, beberapa jenisnya bahkan mempunyai nyanyian merdu dengan kekuatan yang menakjubkan.

Sedangkan betinanya untuk menarik perhatian dari jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan akrobat di udara, seperti pada pesawat jet.

Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibuat secara terampil dari bulu halus tanaman atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba. Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun.

Banyak orang akan sepakat bahwa kolibri adalah salah satu jenis burung yang indah dan menarik. 

Burung kolibri ini masih banyak terdapat di berbagai pelosok Indonesia, termasuk di dekat rumah saya di Kartasura. 

Sayangnya, saat ini kolibri banyak diburu untuk diperjualbelikan untuk tujuan hobi dan lomba. Padahal burung ini bisa menjadikan halaman rumah atau kebun kita lebih asri ketika dia datang dan mencari madu di tetumbuhan dekat rumah.

Di beberapa negara Eropa, banyak orang menyediakan makanan untuk kolibri atau mereka sebut hummingbird di halaman belakang rumah. Dan hal ini pun bisa Anda lakukan.

Seperti Anda mungkin sudah tahu, mereka tidak makan biji seperti kebanyakan burung lainnya. Ada tiga cara yang berbeda yang dapat Anda lakukan untuk memberi makan kolibri: tanaman bunga dengan jenis yang tepat atau disukai burung di kebun Anda, membelikan pakan jadi, atau membuat sendiri.

Jika Anda punya kebun dan ingin menarik kedatangan kolibri, maka beberapa jenis tanaman yang baik untuk ditanam adalah jenis yang merambat berbau harum. Atau bahkan Anda bisa membuatkan wadah pakan untuk mencoba-coba siapa tahu kolibri mau mendkat ke wadah pakan yang Anda sediakan dan mau memakan/ meminumnya.

Makanan yang perlu Anda siapkan untuk kolibri adalah campuran air gula dengan perbandingan 1 bagian gula dan 4 bagian air. Didihkan saja air dan perlahan-lahan tambahkan gula. Biarkan mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dari kompor dan biarkan sampai dingin. Air gula seperti ini bisa disimpan di dalam lemari es.

Jangan tambahkan bahan makanan lain ke dalamnya, apalagi jenis-jenis larutan atau makanan berpewarna makanan. Ini tidak baik untuk burung. Juga jangan tambahkan pemanis lain. Pakai gula pasir biasa sudah cukup dan baik. Kalau Anda menggunakan madu, maka bisa terfermentasi dan tidak bagus untuk kolibri.

Jika Anda menggunakan feeder (wadah pakan burung untuk diberikan kepada burung-burung di kebun), pastikan Anda mencucinya setiap beberapa hari untuk mencegah tumbuhnya jamur. Jika Anda menciptakan kondisi yang tepat, maka Anda sudah menciptakan sebuah surga untuk burung yang indah itu.

Burung Kolibri Kuat Makan

Kolibri seperti ditulis di  http://www.for-the-birds.info, termasuk burung yang menghabiskan jumlah energi yang luar biasa setiap hari. Kolibri yang sangat kecil, biasanya dengan berat antara 3 dan 7 gram, tetapi energi yang mereka butuhkan untuk hidup cukup besar.

Hal ini karena tingkat aktivitas mereka sangat tinggi, dan jam biologis mereka berjalan sangat cepat. Laju denyut jantung dalam kolibri terbang dapat mencapai hingga lebih dari 1200 kali per menit.

Dan inilah mengapa mereka harus makan sangat sering, terbang dari bunga ke bunga mengumpulkan nektar, yang merupakan sumber utama energi mereka. 

Di samping mengandung air, nektar juga mengandung sukrosa, glukosa dan fruktosa, yang semuanya adalah bentuk berbeda dari gula. 

Jadi kalau Anda mau memberikan makanan yang tepat untuk kolibri adalah air gula, bentuk makanan yang paling dekat dengan jenis pakan harian mereka.

Kolibri adalah pemakan yang rakus, dan mereka harus makan antara 5 sampai 14 kali setiap jam. Kapasitas perut mereka kecil, dan tidak bisa menahan terlalu banyak makanan sekaligus. Itulah sebabnya mengapa mereka harus makan sangat sering agar tidak kelaparan.

Pada suatu waktu tertentu selama periode aktivitas mereka, burung ini sangat dekat kematian jik mereka mengalami kelaparan. Jadi persoalan makanan adalah masalah kelangsungan hidup utama bagi mereka, terutama dalam masa sekarang di mana hutan beton terus bertumbuhan memusnahkan hutan, pohon-pohon dan bunga.

Manusia biasanya makan sekitar 2% hingga 4% dari berat badan mereka sendiri setiap hari. Bandingkan dengan makan dari burung kolibri, yang dalam keadaan normal harus makan lebih dari 500% berat badan sendiri setiap hari hanya untuk bisa bertahan hidup. Untuk alasan ini, memberikan energi yang tinggi berupa air gula dalam makanan mereka adalah salah satu hal terbaik.








Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 11.04

3 komentar:

  1. Agan saya mendapatkan Colibri dari seorang pemikat burung dengan harga 25Rb saja. yang ingin saya tanyakan apa tidak ada makanan tambahan untuk burung colibri selain air gula? terima kasih.

    BalasHapus
  2. Samrudin

    Makanan tambahan bisa di berikan voor yang lembut, jangkrik juga bs yang kecilnya atau kroto..

    makasih

    BalasHapus
  3. mau tanya guna kroto buat kolibri apa soal baru punya kolibri nih?

    BalasHapus

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

eXTReMe Tracker