Jumat, 11 Mei 2012

Burung Mozambik, Green Singing Finch (Serinus Mozambicus)

Burung Import sekelas kenari
Burung Mozambik sekelas dengan burung Kenari istilah bahasa latinnya adalah Green Singing Finch atau sebut saja The Yellow Fronted Canary.

Burung ini jika berkicau hampir sama dengan Blackthroat, ngerol dan kencang suaranya dan juga dapat di sejajarkan dengan keluarga Kenari, hanya saja burung Mozambik ini  termasuk burung Import atau burung luar negeri yang konon katanya berasal dari Benua Africa.

Dan katanya umur dari Burung Mozambik ini bisa mencapai hingga 15 sampai dengan 20 tahun bisa bertahan hidup.

Aslinya burung Mozambik ini hidup di alamnya ( Afrika ) di daerah dataran hutan tandus yang gersang karena itu burung ini sangat tahan dan kuat akan cuaca panas dan biasanya mereka hidup berkoloni dengan berpasangan.

Sekilas info bahwa burung Mozambik ini banyak dikembangbiakkan di Gurun Sahara Afrika selatan, artinya dikembangbiakan secara terbuka di hutan dan bersarang dipohon, dan bisa  bertelur di sarang sampai dengan 3-4 butir. 

Ukuran Mozambik adalah sekitar 11-13 cm, Mozambik ini termasuk burung yang berukuran kecil.

Perbedaan Mozambik Jantan dan Betina

Burung jantan dewasa memiliki warna hijau dan coklat pada sayap dan ekor, pantat berwarna kuning, kepala berwarna kuning dengan mahkota abu-abu dan garis malar hitam. 

Pada burung betina memiliki warna sama, tetapi dengan pola warna kepala lebih lemah dan kusam. 

Pada burung remaja warnanya lebih kelabu daripada betina dewasa, terutama di kepala, Pejantan memiliki mahkota, tengkuk, mantel abu-abu kehijauan dibawah ekor dan punggung. Kumis abu-abu kehijauan atau hitam yang melingkar dari paruh bawah hingga ke penutup kuping. Tungging dan ekor atas berwarna kuning. Kening, garis mata, pipi, kerongkongan dan dada berwarna kuning terang. 

Dapat juga dibedakan dengan nyanyian pejantan yang mirip kenari namun lebih mudah dengan melihat penampilan burung dewasa. Pejantan memiliki warna bulu abu kehijauan bergaris kuning dan dada kuning terang.
Secara umum : Lebih terang dan cerah dalam warna. Dan bernyanyi.

Betina berwarna sama, secara umum lebih ‘dof’ warnanya dan memakai kalung titik hitam sepanjang lehernya. Mozambik muda juga memiliki kalung hitam yang sama. Karena itu lebih mudah membedakannya setelah dewasa melalui penampilannya. 

Secara umum : Terkarakterisasi dengan ‘kalung’ titik hitamnya sepanjang garis lehernya. Berwarna lebih gelap / kurang cerah daripada pejantan. Berkicau tapi tidak bernyanyi. 

Dan kabar beredar, Burung Mozambik ini bisa dikawin silangkan dengan Kenari, Blackthroat, dan Sanger atau jenis Finch lainnya.

Cara merawatnya mudah seperti burung-burung lainnya serta Makanannya pun sama dengan makanan kenari yaitu biji-bijian dan sayuran serta telor puyuh juga dia akan memakannya.




Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 17.34

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

eXTReMe Tracker