Tips Mengatasi Burung Kenari Yang Susah Rontok Bulu

Susah Rontok Pada Kenari
Pernahkan anda menemukan masalah pada burung kenari anda yang susah rontok atau susah ganti bulu,  kita tahu bahwa semua burung akan mengalami proses ngurak (moulting), atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan istilah ganti bulu. 

Pada kondisi seperti ini burung dalam keadaan drop sehingga perlu perawatan yang tepat, dan apabila kita sebagai sang pemilik tidak cekatan dalam hal perawatan maka ketika masa ganti bulu / ngurak pada burung tersebut selesai maka selang beberapa minggu kemudian burung tersebut akan mengalami proses ngurak kembali, atau sebut saja gagal rontok.

Bila hal ini terjadi pada burung kenari kesayangan anda, maka ada beberapa tips dan trik untuk mengatasi masalah gagal rontok bulu ini, adapaun beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan adalah: 
  • Ketika burung mengalami proses ganti bulu / ngurak, sebaiknya burung jangan dimasukkan kedalam kandang umbaran atau kandang yang berukuran besar. 
  • Burung tak perlu dimandikan, cukup hanya menjemur burung tersebut akan tetapi dalam keadaan sangkar di kerodong. 
  • Tempo penjemuran di persingkat menjadi + 15 menit. 
  • Waktu penjemuran yang tepat kira-kira jam antara 07.00 – 08.00 pagi. 
  • Dan diusahakan ketika penjemuran burung, sebaiknya hindari dari sinar matahari langsung, ini bertujuan agar terhindar dari kutu atau penyakit yang dapat menyerang kenari tersebut.
Normalnya proses ngurak pada Kenari adalah 1 bulan, itupun bisa lebih cepat atau lebih lama sesuai dengan karakter burung tersebut. 

Berilah makanan yang mengandung gizi tinggi, makanan selain kenari seed berikan juga sayur selada, gambar dan buah apel untuk menjaga stamina tetap fit.

Gambas sebaiknya diberikan setiap dua hari sekali bergantian dengan salada, karena kedua sayuran ini konon sangat baik untuk mendinginkan suhu tubuh dan memperlancar pencernaan, dan sedangkan untuk buah Apel berikan 1/4 saja dan diberikan satu minggu sekali sebagai tambahan nutrisi. 

Boleh juga diberikan probiotik ke dalam air minumnya agar stamina burung tetap fit dan terhindar dari penyakit.

Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.




Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 00.11

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

eXTReMe Tracker