Jumat, 22 Juni 2012

Kurangi Burung Kacer Yang Birahi Dan Mbagong

Tips Mengurangi Kacer Mbedes
Cara mengurangi Burung Kacer anda yang terlalu birahi, atau sebut saja kacer anda mbagong atau mbedesi, ada banyak cara yang salah satunya akan kita bahas.

Burung Kacer memang burung yang mayoritas banyak penggemarnya juga di kalangan pecinta burung berkicau karena mudah dalam perawatannya dan burung ini dari bahan hingga dewasa sangat gampang atau mudah untuk menjadi bunyi.

Karena mudahnya untuk berkicau sehingga burung kacer ini banyak di gemari oleh para pehobi burung di Indonesia, akan tetapi bila sudah over birahi akan sangat menjengkelkan bagi si pemiliknya.

Ada banyak cara yang mungkin para pecinta Kacer Mania yang sudah mempraktekannya atau mencobanya dan berhasil, tapi perlu juga di garis bawahi, bahwa burung kacer konon katanya memang sudah mempunyai sifat mbedesi atau mbagong dari sononya, artinya memang Burung Kacer sudah mempunyai karakter seperti Mbagong atau Mbedes jika dia Birahi ( maaf jika saya salah ).

Ciri-ciri Kacer yang terlalu birahi yaitu sering bergerak ke samping sangkar sambil mematuki sangkar atau biasanya bertingkah tapi tidak mengoceh sama sekali, atau bisa juga karena terlalu birahi kacer tersebut mencabuti bulunya sendiri, atau kacer birahi terlihat bulunya menggelembung seperti orang bilang kuda lautan.

Tapi berikut ini ada salah satu cara agar Burung Kacer Anda tidak terlalu over birahi sehingga menjadi mbagong atau mbedesi, cara ini bisa anda coba setidaknya mengurangi birahi pada burung kacer anda.

Berikut ini salah satu agar Burung Kacer anda tidak terlalu birahi :

Pada burung Kacer yang terlalu birahi jangan diberikan extra fooding jangkrik, karena pemberian kroto saja sudah dirasakan cukup, Kroto banyak mengandung protein atau zat yang meningkatkan hormon progesteron dan estrogen yaitu hormon dalam tubuh yang mampu memacu birahi burung tersebut.

Tips untuk mengurangi birahi pada Kacer kesayangan Anda yaitu dengan merubah pola perawatan terutama dalam hal pemberian pakan. 

Cobalah tips ini : Mulai hari senin sampai dengan hari jum’at berilah voer yang berkualitas merk boleh apa saja. Kemudian menjelang lomba berika menu khusus yaitu kroto. 

Jika penampilannya masih tetap membandel cukup dibalik saja yaitu : 

Senin hingga jum’at berikan kroto secukupnya kemudian menjelang lomba atau latihan berilah voer berkualitas. Mungkin saja cara ini cukup manjur dan konon katanya sudah banyak terbukti oleh para kacer mania.

Dalam kasus seperti ini proses penjemuran tidak terlalu berpengaruh. Jadi untuk penjemuran waktunya biasa saja.

Namun jika Kacer anda yang kondisinya terlalu birahi, sementara waktu bisa diistirahatkan atau diasingkan terlebih dahulu itu akan lebih baik, dan kalau bisa dimasukkan ke kandang umbaran dengan mengontrol porsi EF nya sampai kondisi kelihatan normal kembali, dan bisa dicoba latihan dengan beberapa burung kacer 4-5 burung, dan jangan dilombakan dahulu karena untuk menangani kacer ( mbagong/mbedesi ) dibutuhkan ekstra kesabaran bagi perawatnya. 

Dan apabila Burung Kacer anda ingin Tampil Berjaya kembali, maka bersabarlah menghadapi kacer ( mbedesi / mbagong ), niscaya kacer jagoan anda akan kembali Tampil Bagus di Lapangan “ kalau tidak sabar bukan kejayaan yang kita dapat, bisa-bisa kacer jagoan anda akan pindah ke tangan dingin orang lain, dan tentunya kita akan sulit untuk mencari gantinya. 

Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menjadi masukan untuk Anda khususnya kicau mania yang memiliki burung Kacer.






Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 21.24

4 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang tips mengurangi kacer birahi

    BalasHapus
  2. sudahkan di coba dengan tips tersebut
    apakah stamina burung ga down klo ga di kash EF
    dan kondisi burung ga drop??

    mohon penjelasan
    maksh

    BalasHapus
  3. apakah termasuk kacer birahi bila bawaannya selalu takut/giras sama orang yang akan mendekatinya walaupun masih sering berkicau bila tidak ada orang alias sepi?

    BalasHapus
  4. Nenurutku tips tersebut tidak berlaku mutlak untuk semua kacer, kita mesti mengamati karakternya, Sebagai contoh Kacer ku justru mbagong jika dikurangi ekstrafoodingnya, power jadi tdak menonjol, lagu tembakan juga tidak maksimal.

    BalasHapus

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

eXTReMe Tracker