Burung Prenjak Jawa - Ciblek

burung cici sawah
Burung ini biasa disebut juga burung ciblek atau cici sawah akan tetapi ada juga yang menyebutnya dengan burung Prenjak sawah, tetapi setahu saya burung ciblek dan prenjak berbeda.

Perenjak jawa atau yang juga dikenal dengan nama ciblek adalah sejenis burung pengicau dari suku Cisticolidae ( pada banyak buku masih dimasukkan ke dalam suku Sylviidae ). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai bar-winged Prinia, merujuk pada dua garis putih pada setiap sayapnya. Nama ilmiahnya adalah Prinia familiaris Horsfield, 1821.

Burung ini sangat rajin berkicau di alamnya dan ramai serta lincah, burung yang berukuran kecil ramping dan panjangnya kira-kira 13cm dan seluruh warna bulunya coklat kagak ke hijauan, bulu dada berwarna putih tapi adanya juga burung ciblek ini dadanya yang berwarna kekuning-kuningan, serta di bawah ekornya jika yang warna dadanya kuning akan sama warna di bawah ekornya berwarna kuning, tapi jika yang berwarna dada putih di bawah ekornya akan berwarna ke abu-abuan dan seperti berbentuk awan totol-totol hitam ke abu-abuan, paruh panjang runcing, sebelah atas berwarna kehitaman dan sebelah bawah kekuningan. Kaki langsing dan rapuh berwarna coklat kemerahan atau merah jambu.

Makanan burung ini di alamnya adalah serangga dan ulat dan burung ini membuat sarangnya dari rerumputan yang sudah kering dan biasa bersarang di pepohonan atau semak-semak yang tingginya kurang lebih 1.5 dari atas tanah, sarang berbentuk bola kecil dianyam dari rerumputan dan serat tumbuhan.

Perenjak jawa adalah burung endemik ( menyebar terbatas ) di wilayah Sumatra, Jawa dan Bali. Di Sumatra tidak jarang sampai ketinggian 900 m dpl, sedangkan di Jawa dan Bali umum sampai ketinggian 1.500 m dpl ( diatas permukaan laut ).

JANTAN DAN BETINA

Jantan dibedakan dari betina dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar dan aktif berkicau. Ekor lebih panjang dan warna sayap yang lebih gelap. Juga bisa dibedakan dari warna paruh bagian bawahnya : Paruh bawah berwarna putih pucat adalah betina Paruh bawah berwarna putih dengan ujung hitam adalah burung jantan muda Paruh bawah berwarna hitam menyeluruh adalah burung jantan dewasa Bila masih muda dapat dibedakan melalui kuku jari kuku jari kaki yang berwarna kusam adalah burung jantan kuku jari kaki bersih adalah burung betina.





Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 20.45

1 komentar:

  1. kenapa sih, burung Ciblek saya Mati begitu saja..?? Pasahalkan saya rajin merawatnya!!

    Tolong ksh tau jawabanya..??

    BalasHapus

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

eXTReMe Tracker