Sabtu, 06 Oktober 2012

Merdunya Kicauan Burung Kutilang

Burung ketilang atau kutilang, sebut saja kutilang, salah satu burung merbah atau pemakan buah ini adalah burung yang paling gacor di antara burung berkicau, tapi itu menurut saya, bagaimana tidak, coba anda beli satu burung kutilang dan sesampainya di rumah pasti akan bunyi, trilulit..triluliit, cengklik...cengklik.

Burung ketilang ini dapat menirukan suara burung-burung lain, apalagi jika anda membelinya dari anakan burung ini dapat di master dengan burung kacer, anis, ciblek dan burung berkicau lainnya, sudah barang tentu hasilnya sangat lumayan, tapi jika anda ingin membuat ocehan suara kutilang ini rasa anis, kacer, ciblek dan jenggot janganlah mendempetkan burung bakalan atau anakan kutilangan anda dengan kutilang lagi jika akan suaranya menjadi suara aslinya.

Tapi saya sendiri tidak mengetahuinya atas dasar apa dan mengapa suara burung kutilang ini sangat di haramkan dan dipantangkan oleh para kicau mania burung lomba, agar burung-burung gacoan nya tidak mempunyai suara burung kutilang ini, lagu dari kicauan burung kutilang banyak dihindari penghobi burung khususnya pelomba agar tidak masuk ke atau dibawakan burung lain, khususnya murai batu, kacer, anis merah dan sejumlah burung jenis lainnya.

Burung ini menurut saya kalah gengsi dengan burung pleci cicikacamata, dan burung ini sangat dipandang sebelah mata oleh para pehobi burung, coba anda main dipasar-pasar burung atau berkumpul dengan teman-teman penggemar kicau mania pasti anda akan di tertawakaan jika menyebut atau bisa saja anda ketahuan membeli burung kutilang, saya sendiri tidak habis fikir, apa yang salah pada burung yang satu ini, padahal burung inipun mempunyai suara emas yang cantik, seakan tidak ada harganyakah burung ini, yaah..yaahh ini pengalaman saya saat berkumpul dengan para pehobi kicau mania, atau mungkin saja terjadi pada tempat dan diri anda.

Sekilas Informasi Burung ini adalah, Cucak Kutilang atau Kutilang yaitu sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae, Orang jawa barat menyebutnya dengan cangkurileung, orang Jawa tengah menamainya ketilang atau genthilang, 

Mengikuti bunyi suaranya yang khas, dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, sementara nama ilmiahnya adalah Pycnonotus aurigaster karena mengacu pada bulu-bulu di sekitar pantatnya yang berwarna jingga (Gr.: aurum emas, gaster perut)

Kebiasaan burung Cucak kutilang kerap mengunjungi tempat-tempat terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukar dan hutan sekunder, sampai dengan ketinggian sekitar 1.600 m dpl, sering pula ditemukan hidup meliar di taman dan halaman-halaman rumah di perkotaan. Burung kutilang acapkali berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun bertengger, dengan jenisnya sendiri maupun dengan jenis merbah yang lain, atau bahkan dengan jenis burung yang lain.

Seperti umumnya merbah, makanan burung ini terutama adalah buah-buahan yang lunak, burung kutilang ini  sering menjengkelkan petani karena kerap melubangi buah pepaya dan pisang yang telah masak di kebun, namun sebaliknya burung ini menguntungkan petani karena juga memangsa berbagai jenis serangga, ulat dan aneka hewan kecil lainnya yang menjadi hama tanaman.

Kelompok burung ini acap terbang dengan ribut, berbunyi nyaring cuk, cuk, ..tuit,tuit! ; atau bersiul berirama yang terdengar seperti ke-ti-lang.. ke-ti-lang.. berulang-ulang di atas tenggerannya.

Burung Kutilang juga memiliki kebiasaan untuk berjemur dan mandi embun setiap pagi,hal ini berguna untuk menjaga bulunya yang terus di minyaki, minyak ini berasal dari bagian belakang dekat ujung ekornya yang berhubungan dengan badan, burung Kutilang juga memiliki kebiasaan menaikkan jambulnya bila senang maupun ingin buang air besar, burung Kutilangpun memiliki masa "Mabung" yaitu saat dimana bulu yang lama rontok dan berganti bulu yang baru, di saat Mabung burung Kutilang akan cenderung lebih diam baik secara suara maupun gerakan.

Sarang cucak kutilang berbentuk cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus. Telur dua atau tiga butir, berwarna kemerah-jambuan berbintik ungu dan abu-abu, tercatat bersarang sepanjang tahun kecuali Nopember, dengan puncaknya April sampai September.

Burung kutilang menyebar luas di Tiongkok selatan dan Asia Tenggara (kecuali Malaysia), Jawa serta Bali. Diintroduksi ke Sumatra dan Sulawesi, beberapa tahun yang silam burung ini juga mulai didapati di Kalimantan.

Burung kutilang sangatlah merdu kicauanya dan mudah di dapat dipasar burung, banyak yang mencari burung kutilang untuk sekedar dan di pelihara di rumah, mengapa harus burung kutilang, karena menurut saya burung ini sangat mudah perawatanya dan pakanya serta kicauannya sangat cantik, burung kutilang adalah burung yang suka memakan pepaya, pisang, dan serangga lainya, bisa dikatakan burung pemakan segalanya.

Sumber wikipedia, berbagai sumber dan Komunitas Pecinta Hobi Burung Berkicau

Mau Mendengarkan suara CANTIK burung kutilang silahkan dengar dan download

DOWNLOAD





Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 22.40

1 komentar:

  1. mantav mas brooo.... bisa kasih info kutilang jambul thailand gak.... n ada gak di pasar burung cirebon.... makasih,,,,,,,,,,,

    BalasHapus

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

eXTReMe Tracker