Tertawa Itu Sehat

Seiring dengan perubahan pengertian dalam ilmu kedokteran, efek tertawa terhadap jiwa dan raga manusia juga sudah mendapatkan pengakuan serta secara aktif dilaksanakan oleh kalangan kedokteran; terapi tertawa sudah menjadi suatu terapi yang baru di masa kini.

Terapi tertawa adalah suatu terapi untuk mencapai kegembiraan di dalam hati yang dikeluarkan melalui mulut dalam bentuk suara tawa, atau senyuman yang menghias wajahnya, perasaan hati yang lepas dan bergembira, dada yang lapang, peredaran darah yang lancar, yang bisa mencegah penyakit dan memelihara kesehatan.

Tulisan di bawah ini adalah hasil wawancara wartawan Epoch Times Australia, Emma-Kate Knezevic dengan Katrina Robertson, seorang psikolog.

Di dalam tulisan ini, selain Katrina memperkenalkan kelebihan terapi tertawa, dia juga menganjurkan kita mencoba “terapi tertawa untuk diri sendiri” sebagai pengatur perasaan hati, mendapatkan manfaat dari suara tertawa. Berikut adalah isi dari tulisan itu :

Ketika Anda merasa sedih, muram, sumpek, tidak ada salahnya jika Anda mencoba terapi tertawa yang disarankan oleh banyak dokter dan ahli kesehatan. Terapi tertawa mempergunakan cara humor untuk mengurangi tekanan dan rasa sakit, bahkan berperan sangat penting bagi peningkatan daya tahan tubuh.

Psikolog asal propinsi Queensland utara Australia ini berkata, “Ketika cara terapi ini baru muncul, saya selalu ingin mencobanya. Kemudian saya melakukan penelitian di satu tim kecil terapi tertawa, di saat yang sesuai saya bisa mempergunakan humor dan terapi tertawa sebagai terapi yang saya sarankan.”

Di dalam kehidupan sehari-hari, suara tawa sering kali dipergunakan sebagai semacam mekanisme dari sebab dan jawaban.

Melalui pembuktian dan penelitian dalam jangka panjang dari ilmu pengetahuan dan dunia kedokteran, ketika dilakukan secara bersamaan dengan terapi tradisional, terapi tertawa merupakan terapi pembantu yang punya kemungkinan tinggi untuk dilaksanakan.

Tertawa bisa merangsang dan menambah pelepasan hormon Endorfin dalam tubuh. Ini merupakan hormon gembira di dalam tubuh.

Tertawa bisa menambah jumlah “Antibody producing cell” dalam darah, serta memperkuat kemampuan sel T, maka dari itu telah memperkuat fungsi daya tahan tubuh, sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih sempurna, serta mengurangi terjadinya tekanan.

Katrina berkata, “Tertawa adalah suatu cara yang sangat baik untuk mengurangi tekanan, bisa membuat orang terlepas dari ujung tanduk sapi, melampaui persoalan-persoalan sulit itu, maka ada sebuah pepatah yang mengatakan, “Berapa banyak Anda menangis tertawalah sebanyak itu pula’”

Katrina juga berkata, “Ketika media sedang tergila-gila pada berita-berita tragedi dan bencana, suara tawa jenis apapun juga merupakan suatu cara yang sangat baik untuk menanggulangi, bisa membuat kita terlepas dari kerisauan. Maka dari itu saya rasa lebih baik mendirikan kios-kios tertawa gratis. Di saat di dalam kehidupan terlalu serius, boleh membiarkan mereka memperbaiki diri melalui suara tawa.”

Terapi tertawa bisa membuat kita berkumpul bersama, fokus diletakkan pada terapi tertawa perut, dengan begini bisa membantu khalayak ramai melihat sisi yang lebih santai di dalam kehidupan.


Bagi mereka yang sedang berada dalam tekanan masyarakat moderen, mereka yang berharap mendapatkan kegembiraan boleh kita kumpulkan menjadi satu, diselenggarakan suatu rapat yang dapat menghasilkan suatu suara tawa yang murni.

Rapat semacam ini biasanya dimulai dari suara tawa spesifik dari penyelenggara, misalkan “suara tawa terbahak yang tulus dan bersemangat” atau “suara tawa dalam kantor yang sopan santun”, perkumpulan akan membalas suara tawa itu dengan cara mereka sendiri. Suara tawa tiruan semacam ini bisa menciptakan kekuatan dorong bagi suara tawa yang sebenarnya, maka dari itu terapi secara tidak terasa telah berlangsung.

Pagi hari merupakan saat yang terbaik bagi olah raga tawa. Hal ini dikarenakan tertawa di pagi hari bisa membuat Anda mempertahankan perasaan baik untuk sepanjang hari. Ada beberapa perusahaan yang menggunakan terapi tertawa ini untuk membangun kegiatan kelompok.

Keunggulan dari terapi tertawa ini adalah bisa dilaksanakan setiap saat dan di manapun juga, serta tidak menghabiskan sumber daya apapun juga. Maka dari itu, masuklah ke internet untuk mencari kelompok terapi tertawa di sekitar Anda!

Jikalau Anda tidak bersedia bergabung dengan kelompok tawa semacam ini, tetapi Anda sangat ingin dapat tertawa riang, sebenarnya masih ada banyak sekali cara yang lain, misalkan menyewa DVD film komedi, atau mencari seorang teman mengobrol yang bisa membuat Anda tertawa.

Anda juga boleh mencoba “terapi tertawa untuk diri sendiri”, yang dimulai dari tertawa terbahak-bahak untuk beberapa kali, lalu Anda bisa melihat bahwa dengan sangat mudah Anda akan melanjutkan untuk tertawa, Anda juga akan merasa perasaan Anda sudah menjadi jauh lebih baik setelah terapi itu. 

Link Blogger Pemula | ( Adnol/The Epoch Times/lin )



Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 18.41

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

Follow on Google+

eXTReMe Tracker