Jumat, 25 Mei 2012

Membuat Burung Pleci Cepat Gacor

Tips Merawat Pleci Cepat Gacor bunyi
Cara membuat burung Pleci atau cicikacamata agar rajin ngoceh dan cepat bunyi adalah banyak cara pada masing-masing pehobi burung kicau mania.

Membuat burung-burung yang awalnya masih bahan atau belum mau ngoceh agar cepat ngoceh merupakan kebanggaan tersendiri JIKA pada akhirnya burung kesayangan kita menjadi rajin berkicau, dan itu hal yang sangat mendasar dilakukan oleh para pecinta burung ( SABAR ).

Banyak cara agar membuat burung rajin berkicau, salah satunya yang kita bahas adalah burung pleci atau cicikacamata.

Memang pada tahun ini ( 2011-2012 ) burung Pleci ini sedang menjadi Idola di mata Kicau Mania pada umumnya, selain harganya sangat Relatif terjangkau dan burung ini kerap kali di ikut sertakan di dalam ajang lomba burung berkicau dan di beri kelas tersendiri di beberapa kota di Indonesia.

Dan yang membuat burung ini paling banyak di pelihara oleh para pehobi burung karena harganya pun sangat mahal jika telah menjadi juara pada arena lomba burung atau burung ini sangat mahal jika sudah rajin berkicau, dan informasinya yang saya dengar burung pleci ini hingga tembus di angka 40juta, FANTASTIC..!!!

Ada banyak cara agar Pleci ini bisa rajin berkicau mempunyai banyak variasi suaranya, tapi cara ini bukan jaminan akan sama hasilnya dan tidak memberikan jaminan seratus persen, tapi jika anda ingin mencoba apa salahnya.
Awal yang baik di mulai dari pemilihan calon burung yang bagus atau yang berprospek. 
  1. Pilihlah burung pleci yang sehat, agresif dan yang jantan.
  2. Pilih warna bulu yang tebal.
  3. Pilih tubuh yang proposional, tidak kecil tapi cukup bagus.
  4. Pilih Ekor yang mengumpul jadi satu tidak menyebar.  
  5. Burung Pleci yang banyak mempunyai variasi suara dan bisa teler adalah Burung Pleci yang berwarna Kuning, ( setahu saya )

Ciri-ciri Mayoritas Pleci Betina:
  • Postur badan agak kecil bulat tidak panjang. 
  • Kepala relatif lebih kecil. 
  • Bola mata normal dan alis mata yang melingkar lebih tipis. 
  • Ekornya pendek. 
  • Paruh umumnya pendek dan tipis.

Ciri-ciri Mayoritas Pleci Jantan:
  • Ekor Panjang berbentuk huruf 'V' Mayoritas.
  • Paruh tebal dan panjang. 
  • Kepala relatif lebih besar. 
  • Alis mata yang melingkar berwana putih lebih tebal. 
  • Badan Panjang dan proposional.

Tips dan trik Agar Pleci Cepat Gacor

Pada dasarnya burung pleci ini sangat mudah bunyi dan menurut saya tidak ada rawatan khusus dari burung pleci ini agar cepat bunyi, yang penting dalam pemilihan burung harus benar-benar selektif.

Perawatan sederhana burung pleci:
  1. Pagi hari / subuh coba keluarkan burung pleci ( di embunkan hingga keluar sinar matahari menghangatkan tubuhnya secukupnya.
  2. Setelah itu, mandikan burung pleci dengan semprot/sprey yang lembut atau sesuai keinginan hingga basah, biasanya dalam memandikan dengan semprot coba sediakan cepuk atau tempat minum burung tersebut jangan di lepas, biasanya begitu badan dia basah dia akan mandi di tempat tersebut. 
  3. Setelah mandi hingga basah, jemur secukupnya akan tetapi biarkan hanya air minum saja yang ada di dalam sangkar. 
  4. Kira-kira stengah jam, angkat pleci dan taruh ditempat yang teduh, berikan ulat hongkong kecil yang berwarna putih ( 2-3 ulat hongkong yang sedang ganti kulit ) tapi sebelumnya beri makan berupa buah baik pisang maupun buah lainnya juga boleh atau voer juka sudah makan voer. 
  5. Untuk serangga bisa juga menggunakan ulat kandang, jangkrik yang kecil, atau kroto ( kroto jangan setiap hari dan jangan banyak-banyak pemberiannya ). 
  6. Boleh juga dengan memberikan madu ditempatkan khusus atau tempat yang kecil, atau bisa juga anda memberikan madu dengan mengolesnya di buah pisang tersebut ( biasanya, jika sudah ada madu, pisang tidak akan dimakan ) 
  7. Setelah itu biarkan hingga sore menjelang, sore boleh di mandikan sesuai kebutuhan. 
  8. Dan nikmati ocehan burung pleci anda saat itu setelah di mandikan, jemur, dan di teduhkan.
Saya rasa hanya itu yang bisa saya bagikan kepada anda, karena dengan pola perawatan seperti itu bisa membuat Pleci saya cepat ngoceh dan dengan istilah buka paruh dan bervolume tebal serta kencang dengan berbagai kicauan yang bervarisi.

Faktor yang lainnya kenapa burung Pleci cepat gocor adalah karakter dari burung itu sendiri yang sudah mempunyai bakat bagus dan rajin berkicau, serta umurpun bisa menjadi patokan, karena bila umur burung lebih dewasa dia akan rajin berkicau dengan sendirinya.

Selamat mencoba perawatan burung pleci ala saya.

Coba Voer TJS ( Tepung Jangkrik Super ), untuk Pleci, Glatik, Ciblek Dan Burung Lainnya
Berminat Hub. 081313265787, 081802314466 ( Harianto )



Komunitas Pecinta Hobi Burung Berkicau
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 10.36

Selasa, 22 Mei 2012

Si Mungil Kolibri Yang Jago Terbang

Burung kolibri pandai terbang
Burung Kolibri adalah burung yang mungil dan juga pandai terbang dan warna burung ini bermacam-macam dan burung kolibri ini kalau dihitung cukup banyak jenisnya.

Menurut pakar penelitian burung Ada lebih dari 300 spesies burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan.

Sedangkan kolibri jenis Sword Billed, ensifera ensifera hidup di bagian barat hutan pegunungan Andes

Kolibri adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Seekor kolibri mempunyai sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memencarkan sinar warna - warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air . 

Karena kolibri terbang sangat cepat, maka ia membutuhkan tenaga yang cukup besar dan untuk mendapatkan energi yang besar, seekor kolibri membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi seperti nektar atau bagian dari inti sari bunga yang dihisap dengan paruhnya yang kecil dan panjang.

Varietas kolibri berparuh panjang mendapatkan makanannya dengan cara menghisap madu seperti biasa, namun untuk varietas lain, kolibri akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu lalu menyisipkan paruhnya dalam lubang tersebut.

Cara kolibri yang seperti itu juga dapat membantu bunga untuk penyerbukan silang, karena biasanya serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudain berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain.

Suara burung kolibri jarang terdengar, hal ini karena suara merupakan bunyi dengungan yang dibuat oleh sayapnya.

Selama musim perkawinan, kebanyakan jenis jantannya menyatakan perasaan dengan kicauan gembira seraya terbang mondar - mandir di depan sang betina, beberapa jenisnya bahkan mempunyai nyanyian merdu dengan kekuatan yang menakjubkan.

Sedangkan betinanya untuk menarik perhatian dari jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan akrobat di udara, seperti pada pesawat jet.

Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibuat secara terampil dari bulu halus tanaman atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba. Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun.

Banyak orang akan sepakat bahwa kolibri adalah salah satu jenis burung yang indah dan menarik. 

Burung kolibri ini masih banyak terdapat di berbagai pelosok Indonesia, termasuk di dekat rumah saya di Kartasura. 

Sayangnya, saat ini kolibri banyak diburu untuk diperjualbelikan untuk tujuan hobi dan lomba. Padahal burung ini bisa menjadikan halaman rumah atau kebun kita lebih asri ketika dia datang dan mencari madu di tetumbuhan dekat rumah.

Di beberapa negara Eropa, banyak orang menyediakan makanan untuk kolibri atau mereka sebut hummingbird di halaman belakang rumah. Dan hal ini pun bisa Anda lakukan.

Seperti Anda mungkin sudah tahu, mereka tidak makan biji seperti kebanyakan burung lainnya. Ada tiga cara yang berbeda yang dapat Anda lakukan untuk memberi makan kolibri: tanaman bunga dengan jenis yang tepat atau disukai burung di kebun Anda, membelikan pakan jadi, atau membuat sendiri.

Jika Anda punya kebun dan ingin menarik kedatangan kolibri, maka beberapa jenis tanaman yang baik untuk ditanam adalah jenis yang merambat berbau harum. Atau bahkan Anda bisa membuatkan wadah pakan untuk mencoba-coba siapa tahu kolibri mau mendkat ke wadah pakan yang Anda sediakan dan mau memakan/ meminumnya.

Makanan yang perlu Anda siapkan untuk kolibri adalah campuran air gula dengan perbandingan 1 bagian gula dan 4 bagian air. Didihkan saja air dan perlahan-lahan tambahkan gula. Biarkan mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dari kompor dan biarkan sampai dingin. Air gula seperti ini bisa disimpan di dalam lemari es.

Jangan tambahkan bahan makanan lain ke dalamnya, apalagi jenis-jenis larutan atau makanan berpewarna makanan. Ini tidak baik untuk burung. Juga jangan tambahkan pemanis lain. Pakai gula pasir biasa sudah cukup dan baik. Kalau Anda menggunakan madu, maka bisa terfermentasi dan tidak bagus untuk kolibri.

Jika Anda menggunakan feeder (wadah pakan burung untuk diberikan kepada burung-burung di kebun), pastikan Anda mencucinya setiap beberapa hari untuk mencegah tumbuhnya jamur. Jika Anda menciptakan kondisi yang tepat, maka Anda sudah menciptakan sebuah surga untuk burung yang indah itu.

Burung Kolibri Kuat Makan

Kolibri seperti ditulis di  http://www.for-the-birds.info, termasuk burung yang menghabiskan jumlah energi yang luar biasa setiap hari. Kolibri yang sangat kecil, biasanya dengan berat antara 3 dan 7 gram, tetapi energi yang mereka butuhkan untuk hidup cukup besar.

Hal ini karena tingkat aktivitas mereka sangat tinggi, dan jam biologis mereka berjalan sangat cepat. Laju denyut jantung dalam kolibri terbang dapat mencapai hingga lebih dari 1200 kali per menit.

Dan inilah mengapa mereka harus makan sangat sering, terbang dari bunga ke bunga mengumpulkan nektar, yang merupakan sumber utama energi mereka. 

Di samping mengandung air, nektar juga mengandung sukrosa, glukosa dan fruktosa, yang semuanya adalah bentuk berbeda dari gula. 

Jadi kalau Anda mau memberikan makanan yang tepat untuk kolibri adalah air gula, bentuk makanan yang paling dekat dengan jenis pakan harian mereka.

Kolibri adalah pemakan yang rakus, dan mereka harus makan antara 5 sampai 14 kali setiap jam. Kapasitas perut mereka kecil, dan tidak bisa menahan terlalu banyak makanan sekaligus. Itulah sebabnya mengapa mereka harus makan sangat sering agar tidak kelaparan.

Pada suatu waktu tertentu selama periode aktivitas mereka, burung ini sangat dekat kematian jik mereka mengalami kelaparan. Jadi persoalan makanan adalah masalah kelangsungan hidup utama bagi mereka, terutama dalam masa sekarang di mana hutan beton terus bertumbuhan memusnahkan hutan, pohon-pohon dan bunga.

Manusia biasanya makan sekitar 2% hingga 4% dari berat badan mereka sendiri setiap hari. Bandingkan dengan makan dari burung kolibri, yang dalam keadaan normal harus makan lebih dari 500% berat badan sendiri setiap hari hanya untuk bisa bertahan hidup. Untuk alasan ini, memberikan energi yang tinggi berupa air gula dalam makanan mereka adalah salah satu hal terbaik.




Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 11.04

Sabtu, 12 Mei 2012

Burung Gelatik Batu ( Wingko ) Buat Master

Burung Master Gelatik Batu
Burung Gelatik, sebut saja Burung Hias gelatik wingko diam-diam sudah mencuri perhatian para penggemar kicau burung ocehan dan para koleksi pecinta hobi burung hias pada umumnya.

Burung Gelatik Wingko mungkin juga saat ini banyak menyedot perhatian para penggemar burung, karena Gelatik Wingko memilki suara kicauan yang nyaring dengan cerecet yang panjang dan nafas yang kuat, burung Gelatik wingko tergolong burung yang mudah beradaptasi dan cara perawatan serta pemeliharaannya cukup mudah.

Burung ini mudah untuk beradaptasinya dan relatif lebih cepat untuk berkicau dibandingkan dengan jenis burung kicau lain, suara burung ini selain merdu juga memiliki banyak variasi suara burung lain seperti burung gereja, ciblek, dan kenari, tidak heran jika burung ini sangat cocok sebagai isian atau master bagi berbagai jenis burung ocehan lainnya, terutama untuk burung kenari dan sejenisnya.

Burung Glatik/Gelatik Wingko ini mungkin saja akan mendapat tempat tersendiri dalam perlombaan atau kontesnya karena mempunyai suara yang khas dan unik, konon katanya burung jenis ini sudah ada di daerah tertentu untuk di lombakan dan bukan sekedar burung masteran.

Sekilas informasi secara umumnya burung hias gelatik wingko ini memiliki kicauan yang bagus dan nyaring dengan sresetan atau tembakan-tembakan yang lumayan panjang serta volume yang keras.

Dan kabarnya dulu burung hias gelatik ini adalah musuh bagi para petani, seiring perkembangan burung di indonesia saat ini burung gelatik ini malah banyak di buru oleh para penangkap burung untuk di jual kembali, dan alhasil burung gelatik ini malah mulai jarang ditemukan di alam bebasnya.

Rusaknya ekosistem dan habitatnya di alam serta menyusutnya areal persawahan di bumi ini maka ikut pula menyusutnya koloni burung gelatik ini di alamnya.

Karena banyaknya yang menyukai burung hias ini, dan dampak dari pengambilan liar burung-burung gelatik ini di alamnya membuat para pecinta pehobi burung mulai mencoba menangkarkan burung ini, selain agar populasinya tidak hilang dan tetap terjaga, burung ini sudah menarik perhatian para pengemar burung hias di Indonesia.

Makanan burung ini berupa voer dan serangga seperti jangkrik, belalang dan kroto atau telor semut dan biji-bijian.


Pakan Burung Spesial, Mau..?
Khasiatnya, Baca di Sini
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 20.29

Jumat, 11 Mei 2012

Burung Mozambik, Green Singing Finch (Serinus Mozambicus)

Burung Import sekelas kenari
Burung Mozambik sekelas dengan burung Kenari istilah bahasa latinnya adalah Green Singing Finch atau sebut saja The Yellow Fronted Canary.

Burung ini jika berkicau hampir sama dengan Blackthroat, ngerol dan kencang suaranya dan juga dapat di sejajarkan dengan keluarga Kenari, hanya saja burung Mozambik ini  termasuk burung Import atau burung luar negeri yang konon katanya berasal dari Benua Africa.

Dan katanya umur dari Burung Mozambik ini bisa mencapai hingga 15 sampai dengan 20 tahun bisa bertahan hidup.

Aslinya burung Mozambik ini hidup di alamnya ( Afrika ) di daerah dataran hutan tandus yang gersang karena itu burung ini sangat tahan dan kuat akan cuaca panas dan biasanya mereka hidup berkoloni dengan berpasangan.

Sekilas info bahwa burung Mozambik ini banyak dikembangbiakkan di Gurun Sahara Afrika selatan, artinya dikembangbiakan secara terbuka di hutan dan bersarang dipohon, dan bisa  bertelur di sarang sampai dengan 3-4 butir. 

Ukuran Mozambik adalah sekitar 11-13 cm, Mozambik ini termasuk burung yang berukuran kecil.

Perbedaan Mozambik Jantan dan Betina

Burung jantan dewasa memiliki warna hijau dan coklat pada sayap dan ekor, pantat berwarna kuning, kepala berwarna kuning dengan mahkota abu-abu dan garis malar hitam. 

Pada burung betina memiliki warna sama, tetapi dengan pola warna kepala lebih lemah dan kusam. 

Pada burung remaja warnanya lebih kelabu daripada betina dewasa, terutama di kepala, Pejantan memiliki mahkota, tengkuk, mantel abu-abu kehijauan dibawah ekor dan punggung. Kumis abu-abu kehijauan atau hitam yang melingkar dari paruh bawah hingga ke penutup kuping. Tungging dan ekor atas berwarna kuning. Kening, garis mata, pipi, kerongkongan dan dada berwarna kuning terang. 

Dapat juga dibedakan dengan nyanyian pejantan yang mirip kenari namun lebih mudah dengan melihat penampilan burung dewasa. Pejantan memiliki warna bulu abu kehijauan bergaris kuning dan dada kuning terang.
Secara umum : Lebih terang dan cerah dalam warna. Dan bernyanyi.

Betina berwarna sama, secara umum lebih ‘dof’ warnanya dan memakai kalung titik hitam sepanjang lehernya. Mozambik muda juga memiliki kalung hitam yang sama. Karena itu lebih mudah membedakannya setelah dewasa melalui penampilannya. 

Secara umum : Terkarakterisasi dengan ‘kalung’ titik hitamnya sepanjang garis lehernya. Berwarna lebih gelap / kurang cerah daripada pejantan. Berkicau tapi tidak bernyanyi. 

Dan kabar beredar, Burung Mozambik ini bisa dikawin silangkan dengan Kenari, Blackthroat, dan Sanger atau jenis Finch lainnya.

Cara merawatnya mudah seperti burung-burung lainnya serta Makanannya pun sama dengan makanan kenari yaitu biji-bijian dan sayuran serta telor puyuh juga dia akan memakannya.
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 17.34

Si Periang Burung Robin

Burung Robin asal Amerika
Pada tahun 1990 an burung Robin ini sangat dikenal oleh masyarakat pehobi burung Indonesia Khususnya, namun akhir-akhir ini burung tersebut seakan hilang dari peredaran kicau mania.

Dahulu burung ini sangat murah harganya, bahkan banyak para toko burung yang menjual burung robin ini, karena selain harganya murah ( pada saat itu ) burung ini sangat mudah beradaptasi dengan pemiliknya dan cepat berkicau, memang burung ini termasuk burung langka di indonesia dikarenakan setahu saya burung ini termasuk burung import dari asia.

Sekilas burung Robin adalah nama yang diberikan pada beberapa burung kicau yang kecil yang terdapat di Amerika, Eropa dan Asia.

Burung Robin dari Amerika diklasifikasikan sebagai Turdus Migratorius, sedangkan burung Robin Eropa sebagai Erithacua Rubecula.

Burung Robin ini merupakan burung yang periang dan paling dikenal, ia akan membuat sarang dari ranting dan akar-akar yang dilapisi terlebih dahulu dengan lumpur dalam membuat rumah mereka di alamnya.

Setiap pagi atau malam dan waktu subuh burung ini sudah mulai berkicau dengan kerasnya, tak heran pada masa itu banyak sekali pehobi burung lebih menyukai Burung jenis ini karena disamping mudah merawatnya dan murah harga, robin ini baik jantan dan betina sama-sama ngocehnya dan sama gacornya.( Ngerol ), dan untuk perawatannya pun sangatlah mudah dan tidak sulit, sama seperti burung-burung lainnya.

Makanan burung robin ini adalah, voor biasa, jangkrik, kroto serta buah-buahanpun akan dimakannya.

Sampai pada akhir-akhir ini jika ada burung Robin ini harganya pun sudah mencapai ratusan ribu rupiah, mungkin dikarenakan burung robin tersebut sudah susah didapat di pasaran.

Baik para pecinta burung dan para kicau mania ini sekedar mengingatkan kembali kepada kita, bahwa ada salah satu burung kecil yang sangat rajin berkicau dan tidak gampang stres yaitu BURUNG ROBIN.
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 02.05

Kamis, 10 Mei 2012

Jalak Bali Salah Satu Burung Yang Langka Di Dunia

Burung Yang di Karantina
Burung Jalak Bali, siapa yang tidak pernah dengar burung ini, semua pasti mengetahui burung langka dari Indonesia, burung istimewa yang paling di lindungi kehidupannya.

Burung cantik dan menawan yang satu ini, di alam aslinya hanya bisa ditemukan di Pulau Bali, tidak ada di tempat lain di dunia, dia adalah Si Jalak BALI, burung yang memang jarang ditemukan dan konon katanya sudah hampir punah dan dapat dihitung populasinya.
  
Melihat burung yang satu ini sepertinya tidak membosankan, lihat saja di daerah seputar matanya yang biru terang, bukan biru seperti habis digebuki, sangat kontras dengan warna tubuhnya yang putih salju.

Warna hitam di ujung sayap dan ekor seolah menjadi aksen pemanis yang pas. Belum lagi jambulnya, yang selalu rapih seakan ada yang menyisirnya setiap saat.
Burung Yang Di Lindungi
Jalak bali (Leucopsar rothschildi) bukan saja hanya sekedar unik, akan tetapi sangat AMAT unik karena Jalak bali adalah satu-satunya jenis burung dalam marga Leucopsar yang masuk dalam keluarga jalak.
Lebih dahsyat lagi, inilah jenis jalak yang paling langka (di alam) di dunia, bahkan mungkin sekarang sudah jadi salah satu burung paling langka di dunia. 
Bagaimana tidak  langka, walaupun berapa persisnya jumlahnya di alam ada beberapa versi dan data hasil sensus terbaru juga entah ada di mana, tetapi angka yang paling banyak diterima adalah di bawah 10 ekor (mohon koreksinya jika salah), bahkan pada tahun 2001 katanya jumlahnya tinggal 6 ekor lagi. Selain itu dari semua Jalak bali yang sekarang ada di alam, banyak yang berkeyakinan semuanya sudah pernah merasakan hidup dalam sangkar. 
Tak ada Jalak bali yang benar-benar pernah hidup bebas sejak menetas. Lha kok bisa? Itulah dia, suara burung ini boleh saja tak indah tetapi kecantikan tubuhnya adalah penyebab kesengsaraannya. 
Burung Cantik Jalak Bali
Burung ini diburu dengan gencar karena harganya yang sangat tinggi di pasaran, yang seharusnya tak boleh ada. 
Secara resmi burung ini termasuk dalam daftar hewan yang dilindungi oleh undang-undang. 
Memiliki tanpa ijin, hidup atau mati atau bahkan memiliki bagian-bagian tubuhnya saja bisa-bisa dapat hadiah kurungan 10 tahun penjara atau denda hingga seratus juta rupiah. 
Gentarkah para pemburu itu? Ijinkanlah saya untuk tersenyum-senyum saja sebagai jawaban dari pertanyaan itu. Entah sudah berapa kali pusat rehabilitasi burung ini yang ada di Taman Nasional Bali Barat sana dijarah, penjaganya ditembaki, burung-burung yang akan dilepas kembali ke alam di angkut maling, dan sarang-sarang Jalak bali di alam dijarah.
Burung Indonesia Jalak Bali
Burung ini sendiri sebetulnya tak sulit untuk berkembang biak. 

Pada beberapa kebun binatang di Indonesia maupun di luar negri ada cukup banyak jumlahnya, sangat banyak malah. 

Sekali bertelur bisa mencapai 5 telur, walaupun seringnya sih hanya dua atau tiga butir saja yang dierami selama 21 hingga 28 hari. 

Lantas 20 harian kemudian sang anak burung sudah bisa berpisah dari induknya. Soal makan juga ndak rewel, Jalak bali bisa makan serangga, buah, biji dan bahkan madu kembang. Burung dalam kurungan kadang diberi makan pepaya, ya disantap juga.

Nah sekarang, itu aturan tidak boleh memelihara Jalak bali kok kayaknya ya cuma aturan saja, burungnya masih ada di pasar (walaupun disembunyikan), burungnya cantik, apa sampeyan lantas berminat mengandanginya di rumah? 

Baiklah, tak patuh hukum (karena tidak takut), tak ada rasa belas kasihan pada si burung, tapi apa sampeyan berani sama penyakit? Jalak Bali diketahui bisa membawa atoxoplasmosis, haemochromatosis, cacar burung, dan cacing termasuk cacing pita. 

Masih ndak takut juga? Apakah pernah terpikir kemungkinan terburuk yang terjadi? Sampeyan ketangkep, masuk kurungan atau di denda berjuta-juta begitu dan cacingan.

Sudahlah, burungnya nyaris punah dan dikategorikan dalam kategori keterancaman tertinggi “Kritis” (Critically Endangered), ada banyak upaya yang harus dilakukan dan menurut saya upaya pertama adalah menjaga apa-apa yang tersisa di alam itu dari jarahan maling burung. 
Burungnya sendiri termasuk burung tahan banting, rumahnya di alam masih ada, makanannya masih ada juga, tinggal malingnya saja yang perlu dibedil …. sayangnya saya ndak boleh mbedil maling Jalak Bali.

Itulah kutipan yang saya ambil dari artikel : Sir Mbilung dalam blognya di:http://ndobos.blogdrive.com
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 23.19

Melatih Burung Untuk Di Master Dengan Burung Lain

Burung Cililin spesialis master Murai
Memaster burung biasanya dilakukan oleh para pemain burung khususnya burung-burung yang dilombakan, seperti burung murai, burung cucak ijo, kacer, anis dan burung lainnya.

Dan memaster burung ini sudah wajib bagi para pecinta burung-burung kontes di Indonesia, karena maksud dan tujuan memaster burung tersebut adalah untuk menjadikan burung lombanya mempunyai suara  isian burung yang bervariasi, suara komplit yang artinya satu burung dapat menirukan beberapa burung ocehan lainnya, tentu saja suara burung master yang konon katanya harus mempunyai tonjolan atau tembakan-tembakan yang dahsyat keras dan tajam.

Apakah arti dari memaster, dalam istilah burung, memaster adalah tak lain melatih burung kita agar dapat menirukan suara burung lain, seperti menirukan burung gereja, cililin, lovebird, kenari, cucak jenggot dan bisa juga menirukan suara jangkrik dan belalang.

Masuk tidaknya suara burung master itu juga tergantung dari daya tangkap dan kecerdasan burung yang dimasternya, karena ada beberapa burung yang susah dimaster dan juga mudah untuk dimaster, adapula gampang masuk dan gampang lupa tuh burung yang dimasternya.

Diantara burung yang mudah dalam menirukan suara-suara burung lainnya yaitu seperti, murai, anis, branjangan, cucak ijo, kacer, cendet ( toet ), karena menurut saya burung-burung ini sangat cerdas dan cepat menirukannya serta dapat tahan lama dalam menyimpan memori suara-suara burung lainnya.

Dalam memaster burung, kita tidak hanya sekedar memilih burung-burung master tapi kita juga harus memperhatikan kualitas burung master itu sendiri, selain itu kita juga harus memperhatikan jenis lagu dan suara yang akan dimaster, hal ini guna mempermudah siburung yang akan dimaster dari mulai lagunya dan tingkat volume burung tersebut.

1. Memaster Burung Dengan Suara Burung Elektronik

Cara ini adalah cara yang paling mudah menurut saya, bagaimana tidak mudah, anda tidak perlu merawat dan kasih makan apalagi mandi dan jemur, hehehe..cuma kalo listrik mati, baru sunyi…wakakakak.

Konon katanya banyak pendapat yang berbeda-beda, cara ini dianggap jauh lebih mudah, efektif dan sekaligus murah, bayangkan saja dalam satu perangkat ini anda dapat mempunyai beberapa burung master, coba kalo anda membelinya burung master satu persatu yang benar-benar gacor, sudah berapa duit anda keluar, betul nggak..?

Dan lagi dengan cara ini secara tidak langsung kita sudah mendukung program Konservasi alam untuk melestarikan dan menjaga agar burung-burung master tetap ada di alamnya.

Ada juga para kicau mania mempunyai pendapat, bahwa dalam memaster burung akan lebih baik jika menggunakan burung master aslinya yang sudah benar-benar gacor, bisa juga ada benarnya, karena selama ini banyak dari para kicau mania menemukan suara master dalam bentuk CD, Kaset dll yang banyak beredar dipasaran ternyata tidak sesuai dengan standart dengar untuk burung berkicau, baik dari segi kualitas suara maupun frekwensi suaranya.

Karena secara nyatanya yang pasti burung-burung anda yang di master pasti akan menirukan suaranya yang bersumber dari perangkat elektronik tersebut dan hasilnya akan sama persis dengan suara burung master yang mirip dengan burung master bukannya suara dari burung master yang asli pada umumnya, ini yang banyak tidak disadari.

Akan tetapi saran saya ada baiknya pergunakanlah rekaman suara burung master yang benar-benar telah disesuaikan dengan standart DENGAR untuk burung, tidak mengalami deviasi suara dan natural artinya suara akan sama persis dengan suara burung aslinya.


2. Memaster Burung Dengan Burung Master Aslinya
Memaster dengan burung master yaitu sebagai contohnya, misalkan burung Murai dimaster dengan cucak jenggot, cililin atau kenari atau ciblek dll, agar si Murai dapat menirukan suara burung cucak jenggot dan kenari, hampir semua mengarah dan mengacu pada hasil akhir burung yang dimaster, yaitu variasi lagu dan tembakan adalah syarat mutlak yang harus ditiru dan harus ada, karena inti dari memaster itu adalah adanya tembakan dan irama lagu yang akan dibawa.

Bukan itu saja, selain tembakan dan tonjolan-tonjolan yang dibawa agar burung bisa tampil lebih istimewa dan dahsyat maka perlu ditambahkan variasi speed atau kecepatan dalam membawakan lagu, speed rapat biasanya paling diutamakan dalam burung lomba dilapangan, oleh karena itu kita juga harus mencari burung master yang memiliki speed rapat seperti burung geraja, lovebird, jenggot dan kenari.

Didalam memaster burung sebenarnya para pemain burung-burung lomba sudah mempunyai cara dan kiat-kita sendiri, seperti contohnya, dalam cara penempatan burung sebisa mungkin dibuat nyaman dan tenang agar siburung dengan mudah dan jelas mendengarkan burung masternya dan akan cepat menirukan burung masternya.

Juga dalam menggantang, biasanya atau ada juga posisi master berada diatas burung yang akan dimaster dengan jarak yang tidak terlalu dekat sehingga antara maaster dan burung yang akan dimaster tidak saling dilihat, tapi boleh juga ada baiknya burung yang akan dimaster dikrodong agar optimal, karena jika saling melihat dapat menyebabkan stres atau down dari salah satu burung tersebut. 
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 21.23

Cara Memilih Burung Pleci Yang Bagus Dan Cepat Bunyi

Burung Pleci Laut
Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih burung pleci atau cici kacamata yang bagus secara umum di mata pecinta hobi burung.

Tips ini bisa di jadikan pedoman atau sebagai bahan pertimbangan jika nanti pada saat anda ingin membeli burung pleci.

Sedikit yang akan saya sampaikan disini yaitu tips memilih burung pleci ini, mungkin tidak harus dijadikan patokan akan tetapi jadikan sebagai bahan pertimbangan dari yang lain.

Salah satu tips atau cara memilih burung pleci ini sangat sederhana, mungkin sama dengan yang lain yaitu burung sehat, bulu rapih dan tidak cacat fisik serta burung yang agresif.

Berikut ini bisa anda ambil secara umum tentang cara mencari pleci yang bagus dan cepat gacor atau ngoceh, diantaranya:

  • Pilih burung yang sehat dan agresif
  • Pilih warna bulunya yang cerah tidak kusam
  • Pilih Paruh yang agak tebal dan panjang
  • Pilih Postur tubuh burung yang proposional tidak kecil akan tetapi cukup bagus
  • Pilih burung yang ekornya yang mengumpul jadi satu tidak menyebar
  • Dan Pilih alis berwarna putih yang tebal
 Beda Pleci Jantan dan Pleci Betina:

Pleci Jantan, ciri – cirinya secara umum  ialah:

1. Ekor lebih panjang dan berbentuk ” V ”
2. Biasanya paruhnya panjang dan agak tebal
3. Kepala besar
4. Bola mata besar dengan garis melingkar kacamata yang putih solid dan lebih tebal
5. Postur badan lebih panjang proporsional



 Pleci Betina, ciri-cirinya secara umum ialah :

1. Biasanya Postur badan cenderung berbentuk bulat lebih pendek
2. Kepala lebih kecil
3. Bola mata ukuran normal dan alis mata dengan atau melingkar kacamata yang lebih tipis dan tidak solid
4. Ekor lebih pendek dengan ujung ekor yang rata
5. Paruh umumnya lebih pendek dan tipis


Itu saja gambaran secara umum cara memilih Pleci jantan dan Betina.

Jadi jika agan mau mencari burung pleci yang bagus, anda bisa pakai tips – tips ini sebagai bahan pertimbangan dan pada akhirnya saya kembalikan kembali kepada anda, karena tidak mutlak yang saya tulis ini benar karena adakalanya tidak sesuai dengan dilapangan, tapi tips memilih burung pleci ini secara umum yang pernah saya ketahui.

Makanan burung pleci ini sangat ringan dan tidak merepotkan, karena makan utamanya adalah buah-buahan seperti kersen, pisang dan pepaya serta kroto dan jangkrik dan juga untuk poernya berilah poer yang lembut dan tidak kasar.
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 00.29

Selasa, 08 Mei 2012

Mengapa Burung Tiba - Tiba Membisu | Ngedrop

Mungkin sering kali para pemilik burung dibuat pusing dengan masalah yang satu ini, burung yang semula rajin bunyi tiba-tiba tidak mau bunyi sama sekali alias macet. 

Tidak hanya teradi pada jenis burung Anis merah saja, namun burung jenis lainpun seperti murai batu, kacer, cucak hijau, kenari, pleci, ciblek dan lain sebagainya past bisa mengalami macet bunyi ataupun ngedrop.

Bila burung anda mengalami hal seperti ini cobalah mencari faktor penyebabnya, bisa bermacam-macam seperti mungkin burung dalam keadaan sakit, kalah mental karena berhadapan dengan burung yang lebih dewasa, atau mungkin saja terdapat kutu pada bulu burung, atau bakteri yang biasa terdapat pada makanan sisa ( terutama kroto ) yang sudah basi, bisa juga dari bakteri yang terdapat pada kotoran yang berada di bagian bawah sangkar, namun tidak menutup kemungkinan juga waktu pemeliharaan yang selalu berubah-ubah.

Coba lakukan hal-hal berikut ini : 
  • Berikan cairan khusus untuk mandi burung untuk membasmi kutu pada bulu-bulunya.
  • Dan jangan lupa bersihkan bekas sisa makanan serta alas untuk kotoran.
  • Bersihkan dengan menggunakan desinfektan khusus untuk burung peliharaan. 
  • Jemur rutin setiap pagi mulai jam 7.00 hingga jam 09.00 atau jam 10.00 untuk burung dalam kondisi tidak sakit (sehat), namun apabila burung dalam kondisi sakit sebaiknya jangan dijemur dahulu, biarkan setelah kandang dibersihkan sangkar dikerodong kembali yang sebelumnya sudah disediakan makanan serta air minum yang bersih.
  • Tambahkan juga cairan vitamin atau obat khusus untuk burung yang sakit.
  • Untuk jenis burung pemakan serangga berilah secukupnya extra fooding seperti jangkrik. pemberian kroto untuk jenis burung murai batu dan kacer berilah agak banyak bila perlu satu wadah (cempuk) khusus kroto. Untuk jenis Anis merah kroto jangan diberikan terlalu banyak sedikit saja (satu sendok teh).
  • Buah diberikan setiap hari secara bergantian bagi jenis Anis merah misalnya senin, rabu, jumat diberi apel sedangkan selas, kamis, sabtu diberi pepaya, untuk hari Minggu bisa diberikan apel lagi bila perlu.
  • Berikan vitamin khusus burung berkicau ke dalam air minumnya setiap pagi hari jangan lupa sore diganti air minum yang baru. pada burung anis merah bisa ditambahkan cacing cukup 1 ekor saja.

Faktor lain yang menjadi penyebab burung berkicau menjadi macet bunyi adalah kemungkinan adanya bakteri yang terdapat pada pita suara, cobalah berikan obat tetes yang langsung diminumkan ke dalam mulut burung sesuai anjuran yang biasa terdapat pada botol kemasannya.

Lain halnya dengan burung yang macet dikarenakan kalah mental dengan burung yang lebih dewasa atau mentalnya lebih berani, menurut beberapa perawat yang sudah berpengalaman bila burung kita mengalami hal seperti ini bisa dicoba dengan dipertemukan dengan burung sejenis yang memiliki mental kurang berani. 

Hal ini mungkin bertujuan untuk mengembalikan rasa percaya diri pada burung yang semula rajin bunyi alias gacor tiba-tiba macet tadi.

Oke selamat mencoba
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 21.17

Senin, 07 Mei 2012

Merawat Burung Ketika Musim Hujan

Bagi para pecinta burung berkicau cuaca atau hari yang cerah adalah yang menggembirakan, bagaimana tidak, karena dengan cuaca yang cerah dan normal kita bisa menjemur burung di pagi hari dan juga sore hari dengan teratur yang akan memberikan manfaat untuk burung-burung kesayangan itu sendiri, akan tetapi jika cuaca buruk dan tak menentu maka akan repot juga merawat burung.

Cuaca memang tidak dapat diprediksi pada akhir-akhir ini dan bisa jadi jika cuaca buruk atau kurang baik justru akan mempengaruhi juga performa pada burung peliharaan anda.

Untuk itu waspadalah terhadap burung-burung anda jika terjadi cuaca yang kurang baik terlebih-lebih pada masa musim penghujan, karena biasanya pada musim penghujan sangat rentan penyakit terhadap burung-burung kesayangan anda, karena burung akan kurang dalam penjemuran dan kurangnya akan sinar matahari.

Cuaca yang kurang bersahabat pada akhir-akhir ini dapat berkibat kurang baik terhadap burung-burung peliharaan Anda.

Pada musim penghujan waspadilah beberapa penyakit yang kemungkinan muncul pada burung kesayangan Anda.

Sebaiknya apabila pada pagi hari terdapat sinar matahari secepatnya Anda keluarkan semua burung peliharaan yang berada di dalam rumah. Jemur selama sinar matahari masih ada.

Hal ini berguna untuk menghindari hawa lembab yang terdapat di dalam sangkar burung terutama kotoran burung yang dapat menimbulkan penyakit.

Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin dan antibodi. Apabila cuaca memungkinkan tidak ada salahnya burung dimandikan.

Namun tidak perlu berlama-lama sebab khawatir sinar matahari yang muncul  tidak berlangsung lama.

Cukup sekedarnya saja burung peliharaan Anda dimandikan. Berikan Antiseptik atau cairan desinfektan pada sangkar burung tersebut.

Karena itu, sebaiknya dianjurkan untuk selalu memperhatikan dan memantau perkembangan serta tingkah laku burung pada musim pancaroba karena dengan adanya perubahan musim biasanya burung akan berubah seperti biasanya.

Para pehobi burung kicau mania, setidaknya kita juga harus memperhatikan kesehatan burung walaupun memang kelihatannya burung kita selalu tampil sehat, mau berkicau, tapi kita juga harus memperhatikan dan selalu memantau perkembangan burung serta tingkah lakunya setiap hari, apalagi jika burung yang dirumah anda termasuk cukup banyak, wah harus extra perhatiannya satu persatu, karena jika kita telaten dan selalu memperhatikan burung satu persatu kita akan mengetahui sedini mungkin dan dapat diatasi atau diobati agar tidak terlambat parah sakitnya.

Ada beberapa gejala-gejala umum pada burung yang kurang sehat dan itu jelas kita lihat dengan mata telanjang, diantaranya salah satunya ialah:
  • Burung akan malas berkicau, jika memang biasanya sangat rajin.
  • Mata kelihatan mengantuk dan lesu serta kelihatan kurang gerak/tidak bergairah.
  • Bulu terlihat merinding atau menggembul dan selalu ada dipinggir tangkringan.
  • Bulu tampak kusam tidak mengkilap.
  • Tidak adanya nafsu makan yang sangat lahap.
  • Adapun jika berkicau atau ngoceh hanya seadanya.
  • Jika dimandikan ditempat pemandian akan kelihatan malas dan hanya diam.
Itu adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan walaupun kelihatannya memang biasa atau umum, tapi dibalik itu semua kita juga perlu memperhatikan prilaku burung tersebut dari biasanya.

Jika ada diantara burung-burung tersebut mengalami hal yang sama diatas bisa dikatakan burung tersebut sedang atau mengalami ada yang dirasa atau sakit, karena itu kita harus cepat melakukan pencegahannya dan memberinya pengobatan, dan burung yang kelihatan sakit tersebut harus bisa dipisahkan atau dijauhkan dari burung lainnya yang sehat agar tidak tertular atau bisa juga jika kita mempunyai tempat khusus atau sangkar untuk di karantina.

Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 20.55

Minggu, 06 Mei 2012

Tips dan Trik Merawat Burung Tledekan atau Burung Sulingan

Burung Tledekan Jantan Dan Betina
Burung Tledekan atau sebut saja burung sulingan adalah salah satu burung petarung sebagaimana juga burung Murai Batu dan burung Kacer,  Sifat tarungnya muncul seiring dengan bertambahnya umur dan tingkat birahi.

Burung Tledekan sama seperti burung-burung petarung lainnya yang memiliki daerah teritorial. Suaranya yang enak didengar membuat para penggemarnya tidak mudah pindah ke lain hati. Perawatan burung Tledekan sangat mudah dan menyenangkan.

Untuk perawatan burung TLEDEKAN ini sebenarnya tidak jauh dari perawatan burung2 kicau pada umumnya, seperti mandi, jemur dan pola makannya, hanya saja kita harus jeli untuk mengamati prilaku setiap burung masing2, dan itu agan2 yang mengetahuinya secara pasti. 

PERAWATAN DAN STELAN HARIAN

Perawatan harian untuk burung Tledekan relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.

Berikut ini Pola Perawatan harian dan Stelan Harian untuk burung Tledekan:
  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan ( karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung ).
  • Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Voer dan Air Minum.
  • Berikan Jangkrik 3 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.
  • Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  • Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.
  • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.
PENTING:

Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimal 3x seminggu.
Contoh setiap hari Senin pagi, hari Kamis pagi dan Sabtu pagi.
EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Tledekan yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya.

Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut. 

PERAWATAN DAN SETELAN UNTUK LOMBA

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Tledekan:
  1. H-3 sebelum lomba, Jangkrik bisa dinaikkan menjadi 5 ekor pagi dan 4 ekor sore.
  2. H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja. Dan pemberian Kroto dapat diberikan setiap pagi.
  3. 1 Jam sebelum di gantang lomba, burung di mandikan dan berikan Jangkrik 3-5 ekor dan Ulat Hongkong 6-15 ekor.
  4. Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 2 ekor lagi.

PERAWATAN DAN SETELAN PASCA LOMBA

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.
Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Tledekan:
  • Porsi EF dikembalikan ke Stelan Harian.
  • Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.
  • Sampai H+3 setelah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.

PENANGANAN APABILA KONDISINYA OVER BIRAHI
  1. Pangkas porsi Jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 sore
  2. Berikan Ulat Bambu 1 ekor setiap pagi selama 3 hari berturut-turut.
  3. Lakukan pengembunan (jam 05.30-06.00)
  4. Berikan Cacing 2 ekor 2x seminggu
  5. Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
  6. Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja
  7. Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama

PENANGANAN APABILA KONDISINYA DROP
  1. Tingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 5 pagi dan 5 sore
  2. Tingkatkan porsi pemberian Kroto menjadi setiap pagi
  3. Berikan Kelabang 2 ekor seminggu sekali
  4. Mandi dibuat 2 hari sekali saja
  5. Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Tledekan lain dahulu
  6. Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari

PERAWATAN DAN SETELAN PADA MASA MABUNG

Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan burung pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting, karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung menjadi rusak. 

Pada masa mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. 

Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis, karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. 

Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi.

Berikut ini Pola Perawatan masa mabung:
  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari
  • Pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Stelan Jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, Kroto 1 sendok makan setiap pagi, Cacing 2 ekor 3x seminggu dan Ulat Hongkong 3 ekor setiap pagi.
  • Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu.
  • Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.
Master yang cocok buat tledekan yaitu : lovebird, cucak jenggot, kenari, cililin, ciblek, prinjak, kenari dll
Lain-lainnya:
Kroto segar diberikan 1 sendok makan maksimal 3x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi, hari Kamis pagi dan Sabtu pagi.
Pemberian Cacing diberikan 1 ekor 1x seminggu. contoh setiap hari Selasa pagi.
Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja
.

Oke gan…itu semua tergantung dari kebiasaan dan masing2 karakter si burung tersebut, jadi bila ada kekurangan dalam perawatan burung Tledekan tersebut agan2 dapat menambahkan jenis perawatannya masing2, selamat mencoba……..
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 02.28

Sabtu, 05 Mei 2012

Burung Wambie Atau Hwa Mei

Burung Import China atau asia
Burung Wambie ini adalah burung yang berasal dari benua Asia yaitu China, Wambie adalah burung import, karena itu burung yang satu ini sangat jarang sekali ditemukan di Indonesia.

Tidak seperti tahun 90'an, burung wambie atau hwa mei ini sering dan banyak kita jumpai di pasar-pasar burung, bahkan harganya pun relatif sangat murah.

Memasuki era tahun 2000'an ini kita sudah jarang sekali menemukan burung ini terlebih di pasar burungpun sudah tidak ada dan susah di temukan.

Burung ocehan asal China ini ada didaerah Huang Co dan konon katanya penyebarannya sampai ke pulau Bali, Jawa, Lombok dan Irian.

Burung ini hidup berkelompok di hutan-hutan bambu dan semak belukar yang selalu dekat dengan aliran air sungai.

Asal usul burung ini di Chinanya di jadikan burung aduan seperti layaknya adu ayam sabung di Indonesia, ya..burung ini di adu ketangguhannya dan acap kali di jadikan taruhan dan burung yang mati di anggap kalah.

Dan setelah beberapa tahun berjalan seiring dengan berkembangan burung berkicau di Indonesia, burung ini akhirnya sering di lombakan juga di arena kontes burung berkicau, karena suaranya yang khas dan tajam serta volume yang keras, dan burung ini memiliki variasi kicauan yang sangat komplit, karena pandai menirukan suara-suara burung lainnya.

Ada salah satu ciri khas pada burung wambi ini yaitu, adanya garis putih yang melingkar di sekeliling kedua matanya layaknya seperti kita menggunakan kaca mata, paruhnya berwarna cokelat, ciri ini memang terdapat pada burung wambi jantan dan betina karena itu jika secara fisik akan sulit membedakan jantan dan betinanya.

Namun jika kita perhatikan dengan teliti akan terlihat jelas perbedaannya antara wambi jantan dan betina, diantaranya adalah:
  • Burung Wambie Jantan yang jelas akan rajin berkicau, dan memiliki variasi suara atau kicauan yang banyak dan suaranya akan keras di dengar, sedangkan yang betina hanya sieerr..sieerr...siierr yang berarti kicauan memanggil si jantan.
  • Warna bulu wambie jantan akan terlihat kecoklatan dan mengkilap, tapi wambie betina bulunya memang berwarna cokelat akan tetapi terlihat agak kusam.
  • Tubuh Wambie jantan terlihat lebih besar dan panjang serta ramping dibandingkan dengan wambie betina yang akan terlihat lebih kecil dan pendek. 
Burung Wambie atau Hwa Mei riwayatmu tidak seperti dulu entah dimana, yah mungkin di tempat asalnya masih banyak dan jangan sampai punah, karena saya sendiri termasuk penggemar dengan burung wambie ini.
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 08.49

Jumat, 04 Mei 2012

Burung Blackthroat < Serinus Atrogularis >

Burung Sejenis Kenari
Asalmuasal Burung Blackthroat adalah berasal dari Benua Africa, burung ini ada di Indonesia di perkenalkan dan di bawa oleh orang Belanda konon katanya.

Burung ini masuk kedalam katagori bangsa Passeriformes san subbangsa Passeres atau dengan kata lain burung penyanyi, sehingga wajarlah jika burung blackthroat ini mempunyai suara dan nyanyiannya sangat indah, dan burung ini masuk kedalam Fringilidae sebangsa Kenari.

Ada dua jenis Blackthroat yang terdapat di Indonesia, yaitu blackthroat berwarna cokelat dan berwarna putih ke abu-abuan atau putih kelabu .

Yang paling banyak dicari biasanya yang berwarna putih kelabu karena warnanya terlihat lebih bersih dan proposional tubuhnya tampak serasi namun kedua jenis ini sama-sama mempunyai suara yang keras dan nyaring serta juga ngeroll.

Perlu diketahui burung ini banyak juga tersebar di Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera bahkan hingga China, India dan Afrika.

Hidup dan habitatnya di hutan padang gersang dan membuat sarang dari rerumputan dan dedaunan yang kering, dan kebiasaan burung ini selalu bertengger di pucuk batang pohon yang sangat tinggi, kebiasaan ini untuk menandakan bahwa itu daerah kekuasaannya dan untuk memikat blackthroat betina.

Sifatnya yang poligami sehingga burung ini dapat dikawinkan dengan lebih dari satu betina karena itu banyak para breeder di untungkan dengan sifat dari pejantan ini.

Selain di kawinkan dengan Blackthroat betina si jantan juga bisa di kawinkan dengan burung seperti kenari, herdasanger, mozambik atau bisa juga dengan burung gelatik.

Beda Jantan dan Betina Burung Blackthroat ini bisa dilihat dari:

Blackthroat Jantan :
  • Badan Tegap dan panjang sekitar 12cm.
  • Pita di leher berwarna hitam pekat.
  • Kepala besar dan agak panjang.
  • Permukaan anus menonjol keluar, dan ada tonjolan sebesar kacang hijau dengan bulu rawis.
  • Paruhnya tebal.
  • Suara nyaring, ngerol dan tidak terputus-putus serta mempunyai variasi kicauan dan volume keras dan tebal.
  • Leher Panjang.
Blackthroat Betina :
  • Postur tubuh sedikit membulat dengan ukurannya hampir sama dengan yang jantan.
  • Pita di leher samar.
  • Kepala kecil dan bulat.
  • Permukaan anus datar dan hanya terdapat lubang untuk keluarnya kotoran.
  • Paruh tipis.
  • Variasi kicauan monoton dan volume suara cenderung tipis atau kecil.
  • Mempunyai leher yang pendek.
Itu sebagian tentang perbedaan antara Blackthroat jantan dan betina,yang mungkin bisa di jadikan acuan.

Artikel di ambil dari : 
Merawat dan Melatih Burung Kicauan ( Anang Dewanto & Maloedyn Sitanggang ) 

Pakan Khusus Burung Yang Malas Bunyi
Manfaat Untuk Burung, Simak Apa Kata Mereka
Baca Selengkapnya >>
Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 15.56
eXTReMe Tracker