Tips Jitu Merawat Burung Menjadi Juara

Rutinitas adalaah kuncu utama merawat burung
Banyak para hobi burung yang menanyakan bagaimana cara merawat burung dengan baik, disini terlalu banyak di definisikan merawat burung, karena jenis burung itu sendiri banyak jenis dan karakter yang berbeda beda satu dengan yang lain.

Disini saya hanya menjabarkan bahwa dalam memelihara burung sebenarnya adalah secara umum yaitu cukup beri makan, minum extrafooding, mandi dan jemur.

Sampai di sini sajakah pola rawatan burung, tentu saja tidak, karena banyak trik-trik khusus dalam merawat beberapa jenis burung berkicau, akan tetapi pada dasarnya untuk kita sebagai sekedar memelihara burung ya itu tadi, cukup, beri makan, minum, ef, mandi dan jemur selebihnya dari itu adalah merupakan pola rawatan untuk para penggemar burung yang memang di kondisikan untuk berlomba di lapangan.

Janganlah kita dibuat pusing oleh hewan peliharaan kita khususnya burung kicau ini, karena pada intinya ini hanya sekedar hobi penghilang stres dan penat karena kita seharian bekerja di luar, atau kita hanya mencari kesibukkan dirumah jika kita mempunyai waktu luang.

Tapi lepas dari itu semua pastinya kita mempunyai harapan terhadap burung-burung yang kita pelihara kelak jika berhasil membuat burung menjadi bagus akan menghasilkan uang nantinya.

Merawat burung adalah mempunyai seni tersendiri bagi sipemilik burung, bagaimana tidak mempunyai nilai seni, disini kita pastinya bangun pagi untuk mengeluarkan beberapa burung dari dalam rumah, mungkin itu pada waktu subuh ataupun pagi harinya, dengan harapan nantinya pastinya begitu di gantang diluar pasti akan bunyi seiring menyambut datangnya pagi.

Setelah itu, seni dalam memandikan burung satu persatu, baik itu ada yang di mandikan di tempat pemandian ataupun dengan menggunakan spray untuk kemudian membersihkan kotoran-kotoran burung dalam sangkar serta merta memberikan tambahan pakan ataupun mengganti dengan air yang baru, sungguh menjadikan suatu kesibukkan rutinitas setiap hari, tapi memang asyik kita melakoninya tanpa beban.

Hobi memelihara burung sudah barang tentu kita mesti rajin merawatnya, karena burung jika tidak dirawat secara apik burung bisa ngadat bunyi, apalagi jika kita membeli burung yang sudah mapan atau sudah jadi rubah pola rawat, akan merubah juga performa burungnya, jadi perlu di perhatikan sebelum membelinya.

Untuk para pemula yang baru suka sama burung, saya sarankan untuk merawat burung coba dari hal yang mudah dahulu, yaitu belilah burung yang masih bahan tapi mempunyai prospek gemilang, disamping mempunyai harga murah, disini secara tidak langsung akan membentuk pola rawatan yang akan menjadi kebiasaan terhadap burung itu sendiri, karena burung akan terbiasa dengan pola rawatan yang kita punya sejak awal yang menjadikan burung merasa terbiasa dengan kita dengan demikian burung tidak merasa kaget.

Ini hanyalah sekedar berbagi pengalaman saja, karena memang memelihara lebih dari 5 burung menurut saya cukup menyita waktu juga di rumah, sampai-sampai orang rumah protes dikarena semua perhatian tertumpu pada peliharaan kita sendiri, tapi itulah hobi tidak dapat di cegah tapi kita harus seimbang dalam membagi waktu, mana waktu buat keluarga dan waktu khusus buat burung.

Jika anda ingin mencari beberapa tips dalam memelihara burung, anda bisa baca di bawah ini ;
Beberapa tips dan cara memelihara burung, mungkin saja dari beberapa artikel  nanti ada salah satunya yang anda cari. Salam Kicau Mania





Link Artikel.


Hobi Burung Kicau Mania | Komunitas Pecinta Hobi Burung BerkicauUpdated at: 20.45

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Salam Kicau Mania..

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Ini..
Silahkan Berkomentar atau berbagi tips atapun Informasi Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua, Komentar Yang Baik, Bijak dan Sopan Saya sangat Menghargai Nya Untuk Anda

eXTReMe Tracker